Monday, May 7, 2007

Online Order

Alhamdulillah sejak buka toko online di http://ruzika.blogspot.com sekarang orderan online masuk terus nyaris tiap hari. Ada yg lewat email, ada yg pakai sms, banyak juga yg datang langsung ke toko.

Untuk order yg datang lewat email dan sms, semua yg masuk dalam satu hari direkap dulu. Karena cukup banyak, baru nanti sepulang dari kantor saya bawa ke toko utk dicari barangnya.

Kalau sudah ada stoknya, saya kabari ke pembeli utk transfer. Kalau mereka sudah transfer, berarti malamnya adalah pekerjaan saya untuk nge-pack barang. Dan besoknya barang bisa dikirim.

Kayaknya gampang ya? :)

Ternyata ga semudah itu. Banyak hal yg harus diperhatikan dan dikerjakan.

Dari sejak pengecekan order vs stok. Kalo stok ga ada, apakah mau tukar? Atau mau dilengkapi dulu, yg berarti menunggu bbrp waktu? Atau mau langsung dikirim seadanya stok?

Kemudian hitung ongkos kirim, buat nota, kabari jumlahnya ke pembeli, tunggu konfirmasi pembayaran dari pembeli, cek mutasi rekening bank.

Kalo sudah cocok uangnya, berarti mesti siapkan alamat kirim, siapkan kantong plastik atau kardus untuk kemasan barang yg akat dikirim.

Dan... mulailah proses penge-pack-an. Ini foto2 nya :

Selesai satu paket lagi, tapi masih numpuk antrian di belakang....



cape tapi seneng....


apalagi kalo dipeluk gini....

.

No comments: