Thursday, May 24, 2007

Dolf de Roos - 1

Di buku Real Estate Riches nya Dolf de Roos ada 4 pertanyaan yg menarik sehubungan investasi properti. 4 pertanyaan ini menunjukkan kelebihan investasi properti dibandingkan investasi yg lain.

Berapa nilai rumah yg bisa kita beli dengan uang 100jt?

Ya tentu saja kita pasti bisa beli rumah dengan nilai 100jt juga.

Tapi kita juga bisa beli rumah seharga 500 juta. DP 100jt, kredit 400jt, dengan bunga 12,5% berarti cicilan 5jt selama 15 th.

Kalo uang 100jt kita belikan emas, ya dapatnya cuma emas senilai 100jt.

Apakah kita bisa datang ke bank utk dpt kredit 400jt supaya bisa beli emas senilai 500jt? Yg ada kita bakal diketawain... :)

Tapi kalo kita datang ke bank utk cari kredit 400jt utk beli rumah, wah.. pasti kita dilayani dg baik. Makin besar kreditnya, makin baik pelayanannya.. hehehe...

Bahkan bukan tidak mungkin kita beli rumah seharga 1000jt dengan DP 100jt dan kredit 900jt. Saya sering lihat promosi di beberapa perumahan yg hanya meminta DP 10%.

Malah ada beberapa buku yg menyebutkan kita bisa beli rumah tanpa DP sama sekali, tapi sayangnya ga disebutkan bagaimana caranya... :(

Pertanyaan no. 2 nanti dilanjut lagi.

1 comment:

WURYANANO said...

Halo Mas Ryad Kusuma. Bagaimana bisnisnya? Lancar banget ya...luar biasa prima yo...
Mas, sampeyan memang agak tertutup ya...gak suka terlalu tampil di depan...hehe..tapi pendiriannya sangat kuat, tidak gampang goyah.. tapi...hehe..ada tapinya, kalau (kdg2 keliru) sama istri sering gak mau kalah ya...haha.. it's a joke ... (jangan diambil hati ya..hehe..)

Ok, yang penting sukses luar biasa prima ya.

Salam,
Wuryanano