Sunday, May 6, 2007

Biar Mbak yg Urus....


Pak, serahin ke mbak aja, biar mbak yg urus....

Itu kalimat yg diucapkan Nadya, anak saya yg paling cantik, maklum baru 1, saat dia mengkomentari permasalahan yg sdg dihadapi oleh NadNad Chicken n Pop Ice.

Nadya saat ini 11 tahun, kelas 5 SD. Waktu kita mau coba usaha makanan, dia sangat antusias, apalagi saat namanya dijadikan nama usaha. Jadi selain bisa jajan gratis, bisa sekalian ngetop.

Awalnya, jalannya NadNad cukup lancar. Walaupun di lt 1 ada KFC dan AW, tapi pembeli tetap datang ke counter kita di lt 3.

Tapi mulai februari dan maret omset mulai menurun, ada beberapa faktor yg menjadi pemicunya, antara lain di lt. 1 juga dibukanya pusat jajanan betawi dg didukung program promosi dan fasilitas yg lebih baik.

Saya tidak menyangka masalah omset ini akan menjadi concernnya Nadya juga. Memang kalo saya perhatikan, sejak kecil dia ada bakat dagang.

Dulu dia senang menggambar dan melukis. Kalo saya tanya, mbak besar nanti ingin jadi apa? Awalnya jawabannya adalah ingin jadi pelukis. Karena banyak temannya yg suka dengan lukisannya, banyak yg minta dibuatkan. Pada acara Business Day disekolahnya, pernah dia jual lukisan2 yg dibuatnya, walau hanya dijual Rp. 1000, tapi cukup laku. Dan sejak itu cita2nya berubah ingin jadi pedagang lukisan....

Dia juga pernah jual barang2 seperti kertas bergambar lucu, dan barang2 kesenangan anak kecil lainnya. Barang2 ini dia beli saat dia kita ajak ke pasar gembrong, pusat mainan di by pass, utk beli barang kesukaannya.

Balik ke NadNad.... :)

Saya tanya ke Nadya, memangnya mbak ada rencana apa biar NadNadnya bisa rame lagi?

Nadya : Gini lho pak... Itu pop ice nya ditambahin mises, tambahin susu, tambahin choco chip sama tambahin keju... masa 4000 cuma dapat pop ice sama nutrijel aja? Mbak aja beli di btn 2500 dapat semuanya. Kalo komplet kan rasanya lebih enak....

Hmm... ada benernya juga, tapi ini kan nambah cogs, tapi... kalo emang bisa naikin sales ya kenapa ga dicoba? Kadang ide anak kecil fresh banget, biasa dan logis, tapi ga kepikir sama kita.

Ya udah, kalo gitu besok sabtu mbak yg belanja barangnya di pasar ya. Trus ajarin mbak Eli utk ngeraciknya.

Nadya : beres... (sambil cengengesan seperti biasa).

Selama april ini memang ada kenaikan dari penjualan pop ice nya, walau blm terlalu signifikan di hari biasa, tapi lumayan rame di hari sabtu minggu.

Ya.. anggap aja ini sekolah bisnis utk Nadya, selama dia fun, silahkan turun tangan langsung, hehe...


Mempekerjakan anak kecil melanggar HAM ga ya? hehehe....

Sibuk bikinin pop ice utk pembeli yg udah pada antri....

Yg beli anak kecil, yg jualan anak kecil juga....



Kalo udah cape : Pak.... mbak minta pop ice nya 1 gelas aja ya... plis...

hehehe, dasar anak kecil.....

.


No comments: