Monday, April 20, 2009

Timing - Kapan enaknya buka toko?

Waktu itu penting banget.

Kalo orang jawa dulu, mereka suka bicara soal hari baik, bulan baik... saya percaya itu. Saya rasa mereka sampai pada kesimpulan itu bukan sekedar asal nyebut, tapi berdasarkan pengamatan panjang dan detail atas kejadian2 sehari2 yg mereka alami. Tidak 100% akurat, tapi bisa jadi banyak yg cocok.

Seperti juga kalo mau buka toko busana muslim. Kapan waktu terbaik?

Kalo dari pengamatan dan pengalaman saya, waktu terbaik adalah menjelang lebaran. Kenapa?

Kalo kita buka 2-3 bulan setelah lebaran, biasanya sales toko tidak akan bagus, karena trendnya memang sedang turun. Dan kadang kita sebagai pemula sulit menerima kenyataan tsb sehingga kalo modal sdh semakin tipis kemakan biaya operasional dan mental sdh drop, toko tinggal tunggu waktu utk tutup.

Beda kalo kita buka toko 3-4 bulan menjelang lebaran. Saat itu trend sedang naik. Kita tinggal ikuti saja trendnya tanpa perlu usaha ekstra yg terlalu banyak. Ibarat orang mau surfing, gelombang lagi tinggi, kita tinggal ikut aja udah kebawa.



.

1 comment:

Amas Hariska AP said...

Pa Ryad, today saya beranikan diri sewa kios di BTC . Saya ada kirim email kpd Pa Ryad di saturyad@yahoo.com

Minta bantuan dan saran dan bimbingan ya Pa Ryad. Trims