Wednesday, November 14, 2007

Proses Pembebasan Tanah Tol Cijago

Sabtu lalu musyawarah lagi dg team pembebasan tanah. Ternyata prosesnya memang panjang dan melelahkan untuk pemilik tanah yg akan digusur.

Secara garis besar, selama beberapa bulan terakhir ini yg saya alami adalah :

1. Proses pendataan, siapa memiliki apa, berapa banyak, berapa luas, dokumen pendukung.
2. Penilaian harga bangunan, negosiasi harga bangunan.
3. Musyawarah harga tanah.
4. ??? Apalagi ya...

Bagi yg dokumen propertinya lengkap, seperti sertifikat, IMB, PBB terakhir, akta jual beli, proses no 1 tidak banyak masalah, hanya mencocokan antara yg kita pegang dengan catatan pihak tim pembebasan tanah.

Proses no 2 mulai agak berat. Yang dinilai adalah hanya harga bangunan dulu. Disini ada beberapa penggolongan kualitas bangunan, ada koefisien jenis bangunan yg datang entah darimana (katanya sih ada undang2nya), ada perhitungan depresiasi bangunan.

Dari situ mulai muncul ketidakpuasan warga tergusur. Awalnya bangunan pasti akan dinilai sangat rendah. Tapi ada tahap negosiasi. Hanya saja dari pengalaman kemarin, kenaikan ada, tapi tidak terlalu banyak. Disini faktor emosi mulai dimainkan.

Proses no 3 makin menjengkelkan. Pada musyawarah pertama, harga tanah ditawar habis, seperti ga niat utk beli. Padahal musyawarah dilakukan di hari kerja. Kebayang donk udah pakai acara cuti, eh yg nawar enteng banget kasih harga rendah.

Setelah itu beberapa bulan tidak ada kabar. Kemarin sabtu ada musyawarah ke 2. Saya sih datang siang aja. Biar para petinggi itu datang duluan utk kasih pidato yg ga perlu saya dengar. Saya datang tepat saat penawaran diberikan, dan... seperti yg saya duga, masih jauh dibawah harga wajar.

Saya rasa mereka memainkan peran mereka dg baik. Mengulur waktu, memainkan emosi warga, membuat warga lelah dan kemudian mungkin sebagian warga akan tergoda utk segera mengambil jatah gusuran daripada terbawa dalam ketidakpastian berkepanjangan. Sedikit demi sedikit warga didekati, digoda imannya dan akhirnya..... habis.... hehehe...

Tapi saya yakin warga di perumahan harapan baru taman bunga cibubur dan kompleks deppen tetap kompak.

Tetap berjuang utk ganti untung!


Fakta :
1. Jalan Tol Cijago akan dibangun sepanjang 14,7 km selebar 50 m.
2. Dana yang disiapkan utk proyek ini sekitar 2,8 triliun.
3. Permintaan warga utk harga tanah umumnya sekitar 2,5 juta / m2.
4. Penawaran tim pengadaan tanah sabtu 10 nov 2007 adalah 1,2 juta / m2, naik dari tawaran semula 400.000 / m2 beberapa bulan lalu.
5. Sudah ada sebagian warga yang menerima ganti rugi tanah. Tanah mereka dihargai antara 700.000 s/d 1.766.000 / m2.
6. Untuk ganti rugi bangunan dan pohon sudah disepakati. Ada 939 rumah dan 83.084 pohon yang akan digusur dgn nilai total sekitar 140 milyar.
7. Saat Tol BSD-Bintaro-Pd Indah menyambung ke Tol TB Simatupang, nilai jual rumah di BSD dan Bintaro melonjak tajam 2-3 kali lipat.


.

No comments: