Monday, November 19, 2007

Karyawan Sebagai SubAgen

Kadang saya penasaran, apa yg ada dalam pikiran karyawan toko saya. Apa yg mereka inginkan 1 tahun, 2 tahun atau bahkan 5 tahun mendatang. Saya yakin mereka pasti tidak ingin terus menerus jadi karyawan toko.

Mungkin mereka sekedar ingin mencari pekerjaan yg lebih baik, atau mungkin ingin segera menikah dan mengurus keluarga, atau jangan2 mereka juga berpikir seperti saya, ingin memiliki bisnis sendiri.

Beberapa bulan terakhir ini saya kasih kesempatan pada 4 karyawan saya kalo mau coba2 dagang. Mereka bisa ambil barang di toko dg harga khusus dan dijual ke teman atau keluarga yg berminat.

Memang ada beberapa hal yg perlu diawasi. Apa mereka jujur dan bisa dipercaya? Apa mereka tidak mengambil sales toko dan kemudian diakui sebagai sales mereka? Apa tidak menimbulkan konflik kepentingan? Itu nanti bisa diukur.

Tapi saat ini saya kembalikan ke niat awal saja. Bahwa saya ingin mereka juga bisa belajar bisnis. Tidak seumur hidup bekerja utk orang lain. Toh kalau mereka bisa dagang, saya juga untung. Pola pikir mereka akan berkembang, menjaga toko tidak hanya sebagai penjaga toko.

Dan anggap saja saya punya beberapa subagen baru.


.

No comments: