Wednesday, September 12, 2007

Waspadalah.. Waspadalah...

Sebetulnya saya agak males kalo sharing hal yg agak2 negatif, tapi tadi pagi abis chat sama mbak Doris yg hampir saja kejadian di tokonya, mungkin ini bisa jadi pengalaman utk rekan2 lain yg memiliki bisnis serupa.

Akhir bulan Agustus saya sempat kaget saat datang ke toko Plaza Cibubur malam hari menjelang tutup toko karena karyawan saya sedang menangis.

Ternyata uang sales hari itu hilang, padahal uang disimpan di tas pinggang yg harusnya dibawa kemanapun pergi.

Saya coba mereka utk menceritakan kronologis peristiwa apa yg terjadi di hari itu. Dari cerita itu, saya tangkap ada seorang pembeli yg bertindak diluar kebiasaan.

Jadi modusnya adalah karyawan saya dibuat sibuk karena ibu itu minta diambilkan aneka produk, bahkan sampai baju2 yg didisplay di manequin diatas etalase juga minta diambilkan. Lalu karyawan saya diminta utk mencoba beberapa baju. Nah saat mencoba baju ini, tas pinggang sempat tergeletak, saya rasa kesempatan ini yg dimanfaatkan oleh si ibu tadi utk mengambil isinya.

Untung saja penjualan hari itu tidak sebanyak biasanya... Kalo kejadiannya hari sebelumnya.. wah... bisa tambah kusut... :)

Dan, ga lama setelah kejadian di Plaza Cibubur, toko saya di Bogor Trade Mall juga nyaris mengalami hal yg sama. Untung karyawan saya lebih waspada sejak kejadian di Plaza Cibubur, sehingga kejadian lebih buruk bisa dihindarkan.

Ada beberapa trik dari orang2 seperti ini :
- Karyawan dibuat sibuk sehingga lengah
- Pura2 kenal pemilik, pura2 telp dg pemilik, bilang sudah bayar dan tinggal ambil barang
- Beli banyak barang, pembayaran dibelakang dg cek kosong

Mestinya banyak lagi cara yg lain, tapi blm kepikir... mungkin ada yg bisa nambahin?

No comments: