Sunday, September 9, 2007

Bisnis Ketahanan Dana

Dulu waktu mbak Niken bilang di email bahwa bisnis forex adalah bisnis ketahanan dana, saya masih belum memahami apa maksudnya. Tapi setelah mencoba sendiri demo account selama beberapa minggu ini, saya mulai sedikit memahami.

Metode yg saya pakai adalah scalping, jadi dapat pips /point sedikit, langsung saya likuidasi posisinya utk take profit. Karena pips sedikit (5-10 pips), maka saya harus perbesar volumenya agar total profitnya agak terasa.

Sementara target saya sendiri adalah 100 pips (=USD 100) per hari. Nggak besar2 dulu. Karena kan masih belajar. Dengan asumsi sebulan 20 hari trading, maka target bulanan adalah USD 2000. Asumsi lain adalah saya trading 2-3 kali aja per hari.

Dengan kondisi diatas, dalam 1 kali trading saya mesti pakai 5 lot, ini nilainya USD 500. Sementara deposit awal saya hanya USD 3000.

Kondisi lain adalah, saya tidak pernah pakai stop loss, dan tiap kali trendnya berbeda dg prediksi, saya cenderung meng-average posisi.

Memang pengalaman saya, tradingnya biasanya 80-90% profit. Tapi beberapa kali kejadian, fluktuasinya demikian tajam. Dan akibatnya tragis... margin call... artinya saya mesti tambah modal utk mempertahankan posisi.

Disini saya merasakan pentingnya money management yg bener dan betapa enaknya kalau punya modal kuat.

OK, akhirnya sejak tgl 3 sept, saya coba buka lagi dg modal lebih besar, USD 5000. Memang secara money management masih ga bener. Sekali trading saya bisa pakai USD 500-1000, berarti sampai 20% modal. Padahal yg disarankan adalah 2-5% saja, tapi kalo cuma 5%, profit ga kerasa, hehehe. Jadi, saya coba aja.

Dan sampai hari ini, tgl 10 sept, posisi saya masih sangat aman.

Selama 5 hari (3-7 sept) saya sudah trading 28 kali, 27 kali profit (96,4%) senilai USD 1689 dan 1 kali loss (3,6%) senilai USD 30. Jadi secara total masih profit USD 1659, sekitar 33,2% dari modal.

Kalo dilihat perhari, berarti average profit USD 331,8 dalam 5-6 kali trading. Secara target, sebetulnya sudah terlampaui. Dan utk mencapai profit USD 2000, paling tidak saya butuh 2 hari trading lagi. Jadi dengan 7 hari trading, sudah bisa dapat USD 2300 an. Lumayan donk...

Nah sekarang soal dream. Kemarin 5 hari dapat 33,2%. Coba ya kalo ada yg modalin 1 M, dalam 5 hari bisa dapat 332 jt. Bagi 2, 166 juta. Hehehehehe......

Yang paling penting adalah Konsistensi....

2 comments:

Arif Prasetyo Aji said...

wah enaknya dapat modal he..he..

Menyongsong bln suci Ramadhan 1428H yg insya Allah akan sgr menghampiri, kami skeluarga mohon maaf yang sbesar2nya atas segala khilaf, salah dan dosa.SLAMAT MENUNAIKAN IBADAH RAMADHAN 1428

Ryad Kusuma said...

masih modal virtual kok...
:)