Wednesday, June 20, 2007

Ongkos kirimnya mahal... Gimana mau jualan

Jika kita beli barang dari tempat yg jauh, biasanya barang akan dikirim memakai kurir / ekspedisi.

Makin jauh jarak kita dengan sumber barang, ongkos kirim akan makin mahal. Sama halnya jika kita ingin barang cepat sampai, pasti ongkos kirimnya makin mahal juga.

Masalahnya, bagaimana dengan harga jual barang tsb ke end user, atau malah jika kita ingin jual barang ini ke subagen. Tentunya jika nilainya signifikan, harus diperhitungkan dan dimasukkan sebagai komponen harga jual agar margin yg diperoleh tidak habis dimakan ongkos kirim.

Kalau begitu, harga jual jadi lebih mahal donk? Pembeli pasti ga akan beli ke saya....

Jangan khawatir, semua penjual produk yg sama di kota yg sama pasti akan menghadapi masalah yg sama juga. Tinggal pandai-pandai kita mensiasati hal ini.

Ada 3 hal yg saya tau bisa mengurangi biaya :

  1. Beli produknya dalam jumlah lebih besar. Banyak produsen atau agen yg memiliki struktur discount bertingkat. Makin besar nilai pembelian kita, makin besar pula discount yang akan diperoleh. Seberapa besar pembeliannya? Tergantung banyak hal, al. nilai sales yg kita punya, nilai discount yg kita dapat dan tentu saja duit modal kita.
  2. Jika kita kirim barang dalam paket kecil, kelihatannya ongkos kirimnya kecil. Tapi setelah dibagi per item produk ternyata jatuhnya akan besar. Akan lebih efisien jika kita kirim dalam jumlah besar, ongkos kirim per item produk akan jatuh lebih murah.
  3. Negosiasikan payment term. Jika kita bisa menunda 40% pembayaran pembelian produk untuk satu bulan kemudian, ini berarti dengan modal yg sama, kita bisa membeli barang 60% lebih banyak. Payment term sangat tergantung tingkat kepercayaan dan kondisi financial supplier kita.

Dari kombinasi 3 hal diatas coba kita lihat : dengan pembelian 60% lebih banyak, discount akan bertambah, ongkos kirim akan lebih efisien, harga jual dapat ditekan, barang dagangan di toko akan lebih lengkap, perputaran modal lebih besar.... dan buntutnya profit bisa naik, next order bisa makin besar, kita makin dipercaya suplier dan memiliki posisi tawar yg lebih tinggi utk mendapat payment term yg lebih baik.

Muter kan? hehe....

4 comments:

chaiyo said...

Wah... pengalaman bapak emang udah dalem banget ya pak. Makasih atas sharingannya, membantu saya banget. Terutama untuk pengiriman antar pulau.

Salam kenal dari TDA..


Cahyo
http://baju-anak.com

Fadz said...

Cadangan yang bagus....=)

Ryad Kusuma said...

Lho bukannya kita udah kenal Pak Cahyo? hehe...

Cadangan bagus artinya apa ya? Bahasa melayu?

aksha said...

Pengalaman masa lalu memang membentuk karakter kita sekarang. Untuk membentuk karakter kita di masa depan perlu mengisi masa kini dengan pengalaman-pengalaman yang bermanfaat