Tuesday, March 27, 2007

Jualan di Internet via Blog

Sekitar okt-nov 2006, di milis TDA rame membahas soal internet marketing. Saya pikir2.. gimana kalo jualan di internet lagi ya... tapi mau bikin web yg rada prof kok males, cari yg gratisan aja deh..

Setelah lihat kiri kanan, kenapa ga pake blog aja ya? Coba2 create blog, mikir konsepnya, scan brosur2, edit, bikin artikelnya.. akhirnya 20 nov 06 jadilah blog Ruzika Collection.

Hanya beberapa hari setelah online, email dan sms mulai berdatangan dari berbagai daerah, wah rame nih... :)

Sampai akhirnya datang order pertama dari makassar, jumlahnya ga banyak, seingat saya 3 atau 4 item, tapi senang sekali, ini orderan pertama dari web.

Yang bikin bingung adalah bagaimana kirimnya, coba tanya kesana kemari, akhirnya malah ketemu di dekat rumah ada wartel yg juga jadi agen pos dan tiki. Kadang juga pakai dari multiplus, karena untuk kota2 tertentu lebih murah. Soal kirim barang, beres.

Nggak lama kemudian, mulai berdatangan order dalam jumlah lusinan, dari jabotabek, jawa tengah, jawa timur, nusa tenggara, bali, sulawesi, kalimantan, sumatra. Tapi kalo baca di www.google.com/analytics pembaca blognya malah sampai ke amerika, amerika utara, eropa, timur tengah, asia tengah, asia timur, yg ga ada cuma dari afrika dan australia, kenapa ya?

Kemudian ada pembaca blog dari singapore, orang indonesia yg tinggal disana, beberapa kali memesan produk kami, tapi pengiriman barangnya tidak langsung kesana tapi melalui saudaranya yg tinggal di jakarta dan di batam, untuk kemudian di bawa sendiri ke singapore.

Rupanya kejadian diatas adalah proses tahapan menuju export, karena kemudian ada lagi pembaca blog, orang asli malaysia, yg memesan barang juga, awalnya hanya pesan 2 buah, wah... ongkos kirim dan harga barangnya nyaris sama, tapi ini adalah export kita yg pertama, hehe...

Setelah barang diterima, ternyata istri beliau senang dan akhirnya memesan dalam jumlah yg lebih banyak utk ditawarkan ke teman2nya.

Bahkan beberapa hari lalu, ada lagi order dalam jumlah yg belum pernah kita peroleh, bahkan dari orderan lokal, dari orang yg berbeda di singapore dan malaysia.

Dengan semakin banyaknya order dari web, ternyata memunculkan masalah baru, karena antara supply dan demand makin terasa ada jarak. Apa yg diorder, belum tentu ada stoknya.

Kalo di toko sih lebih mudah, kalo model or warna yg diinginkan ga ada, masih bisa ditawarkan model or warna lain yg mirip, dan pembelinya juga bisa melihat langsung barangnya, jadi lebih mudah disubstitusi.

Tapi kalo di web kan beda, makanya kalo pembeli selain order asli juga kasih alternatif model or warna or size, akan lebih mudah buat kita... :)

Utk ngatasin ini, awalnya kita coba penuhin stok dg sebanyak mungkin kombinasi model, warna dan size. Kalo utk kasus SIK Clothing, ada 32 model, masing2 bisa ada 3-4 warna, masing2 ada size S-M-L, kalo mau dikompletin semua satu2, berarti ada 300an item, wah.. butuh modal lumayan nih buat sekali belanja.

Tapi seminggu kemudian, karena brg cuma ada 1-2-3 per model-warna-size, udah mulai banyak kosong lagi, jadi waktu barang pesanan sebelumnya datang, kita sudah harus siap dengan order berikutnya ke pabrik.

Yang repot kalo ada order untuk satu model tertentu dalam jumlah banyak, udah pasti susah, kalo ada begini kita coba kerjasama dengan beberapa agen yg lain, kalo mereka ada barang, kita beli dulu, konsekwensinya margin tipis banget krn bukan beli ke pabrik, tapi gapapa yg penting pembeli puas. Kalo mereka ga ada, ya terpaksa kita pesan lagi ke pabrik, tapi ini butuh waktu.

So far.. jualan di internet menyenangkan kalo dilihat dari sisi ini : ga sewa tempat, ga bayar karyawan, ga bayar listrik n service charge, tinggal duduk, cek email / sms, cek stok, cek rekening, lalu kirim barang, tapi omzetnya berkali-kali lipat dari outlet kami yg di cilengsi.

Belum lagi dari blog itu kita bisa nambah kenalan, nambah teman. Karena ada pembaca blog yg tidak beli produknya, tapi mengambil spiritnya untuk juga memulai usaha. Hal yg seperti ini tidak bisa dinilai dg uang semata.

Terus terang ini diluar perkiraan, karena tadinya saya pikir orang kalo beli baju or jilbab akan lebih suka kalo liat dulu, pegang dulu... tapi itu ternyata udah jaman dulu. Dan saya beruntung berada di lingkungan TDA.

Tapi.. saya terima kasih banget kalo pak Roni (contoh kasus dg manet-nya) atau rekan2 TDA yg lain mau ngajarin saya bagaimana mengelola stok sehingga supply dan demand bisa match....


.

7 comments:

prince_aghazZa said...

mas ryad....sya mw nanya...gimana sih caranya biar blog kita itu di akses banyak orang?????????????

thxxx

Ronny Ming said...

wekss..,,, sama nih,,,,
webku www.jualandiinternet.multiply.com
mau caranya biar web kamu dikunjungi banyak orang? visit aja www.mybloglist.co.cc
e-book tentang bagaimana jualan di internet buat pemula

GROSIR BAJU CEWEK said...

http://bajumurahtiganna.blogspot.com/
Pak, Numpang iklan juga ya
Baju Murah Tiganna
Jl. Bajak II No. 18H Marindal, Medan
Menjual pakaian wanita dengan kualitas terjamin
Produknya OK, Harga Murah
Hanya 15 Ribu / potong
Beli Ecer Harga Grosir
Minimal 6 potong (motif bisa beda)

Ryad Kusuma said...

hampir 3 th jualan online...
cuma bs bilang :
alhamdulillah, luar biasa....

juara said...

Haloo mas jangan marah ya saya numpang iklan juga!!!!

kami jualan kerjajinan Topeng Malang dan kerajinan pelepah pohon pisang (Vas bunga, tempat tisu, cup lampu dan lain-lain yang di balut dengan pelepah pohon pisant)

ini blogku http://kaira09.wordpress.com

Makasih banyak ya.....

LW1975 said...

Mas Ryad, tolong dong ajarin saya bikin blog supaya saya bs jualan di internet, untuk bantu2 suami bayar hutang pak, makasih sebelunya

sepatu ori said...

nitip lapak bos...
silahkan lihat - lihat di facebook ane??
" dunk sport "
terima kasih..