Thursday, January 13, 2011

Cibubur makin macet


Mulai hari ini warga cibubur yang akan kearah cawang harus berangkat lebih pagi. Sejak dioperasikannya gerbang tol cimanggis dan dinonaktifkannya gerbang tol tamini, pengguna tol cibubur yang semula hanya ambil tiket sekarang harus langsung bayar.

Walaupun hanya ambil tiket, sebetulnya tiap pagi antrian untuk masuk tol cibubur sudah panjang, padahal waktu untuk ambil tiket paling hanya sekitar 4-5 detik. Sementara transaksi pembayaran bisa makan waktu 10-15 detik, 3 kali lebih lama.

Kalau waktu transaksi 3x lebih lama, antrian juga berpotensi 3x lebih panjang, sementara di sekitar tol cibubur banyak persimpangan, artinya akan makin banyak keruwetan akibat terkuncinya setiap simpangan karena antrian, terutama di sekitar cibubur junction, di simpang taman bunga - radar auri, di simpang perumahan kodam - desa sos dan di simpang bulak sereh, belum lagi penyempitan jalan masuk ke tol yg hanya 2 jalur.

Memang setelah masuk tol akan lebih lancar, terutama di gerbang tol tamini, jadi buat warga cibubur ini hanya pindah macet.

Keuntungannya, tarif tol yg semula 2500 turun jadi 2000. Sebanding ga ya sama macetnya?

Saya sendiri jarang masuk tol jagorawi gerbang cibubur pada jam sibuk di pagi hari, mudah2an kalo siang antrinya ga terlalu panjang. Efek yg paling terasa buat saya jika dari bogor keluar cibubur, biasanya hanya bayar 4500, sekarang bayar 4500 + 2000, naik hampir 50% dan yg bikin males ongkos tambahan itu hanya untuk jarak yg amat pendek sekitar 3-4 km.

Usul : mestinya yang mau masuk tol cibubur ke arah jakarta dan yang mau keluar cibubur dari bogor di gratiskan aja.... :)

No comments: