Friday, October 31, 2008

Sinergi usaha retail - ekspedisi : ESL Express


Sejak buka toko online hampir 2 tahun lalu, tepatnya bulan november 2006 di http://ruzika.blogspot.com/ , pesanan melalui email, sms, telepon mulai berdatangan.

Dari hanya berbalas sms / email, mulai masuk 1 - 2 order dan sekarang pesanan selalu masuk setiap hari. Order yg masuk tentunya harus di tindaklanjuti dengan pengepakan dan pengiriman barang.

Kadang pengiriman barang ini cukup merepotkan. Harus mondar mandir ke agen pengiriman, atau ke kantor pos. Kadang terkendala dengan jam operasional mereka. Kadang kalo paket besar, harus diantar pakai mobil padahal saya sering ada kesibukan lain. Kenapa ya mereka tidak mau mengambil barang ke rumah, padahal saya sdh lama menjadi pelanggan mereka. Ada sih satu agen pengiriman yg mau ambil ke rumah walau paketnya hanya 1 kg, tapi sayangnya jangkauan wilayah pengiriman mereka terbatas.

Pernah satu waktu saya coba hitung total biaya pengiriman yg dikeluarkan... wahh.. ternyata cukup besar.

Kenapa tidak buka usaha pengiriman barang sendiri? Dari pengiriman yg kita lakukan saja cukuplah untuk menutup operasional. Tinggal cari lebihan sedikit untuk mendapat profit.

Jadi teringat pembicaraan dengan pak Dudung, mantan boss di Kalbe. Beliau pernah cerita tentang adiknya yg menjadi agen salah satu jasa pengiriman barang di Cipayung. Pak Dudung sendiri setelah pensiun membuka toko busana muslim di Mall Ambasador, selain juga membuka agen jasa pengiriman barang. Malah sekarang sdh memiliki 2 keagenan.

Kebetulan kemarin datang ke pameran waralaba. Dan... pas banget, begitu masuk langsung ketemu stand ESL Express, salah satu anak perusahaan dari perusahaan angkutan yang cukup ternama Eka Sari Lorena.



Dari pembicaraan yg singkat, kecocokan langsung timbul. Dan akhirnya sepakat untuk menjadi agen ESL Express.

Beberapa pertimbangan yg utama adalah pertama brand Lorena cukup kuat. Kedua dari sisi tarif, sangat bersaing. Satu contoh, untuk pengiriman ke surabaya 3 kg, hanya Rp. 21.000. Jauh lebih murah dibandingkan jasa salah satu agen yg biasa saya gunakan yg jatuhnya sekitar Rp 39.000.

Dengan harga yg kompetitif, tentunya ini akan sangat meringankan para pembeli produk. Jika mereka bisa mendapat ongkos kirim murah, harga jual mereka akan bersaing sehingga mereka akan mendapat profit lebih baik dan buntutnya.. repeat order... insyaallah.

Untuk lokasi, kok ya kebetulan juga dimudahkan dapatnya. Proses pencarian cuma 1 hari. Dapat lokasi di sebelah Plaza Cibubur, diseberang komplek rumah, jadi ga jauh2.

Ada hal yg menarik saat pencarian lokasi ini, akan saya ceritakan belakangan.

Singkatnya, insyaallah mulai tgl 10 november, agen ESL Express Cibubur akan buka.

Mohon doa rekan2 semua, dan jangan lupa, kalo kirim2 barang, kontak2 ya, barang dijemput ke rumah.

1 comment:

Unknown said...

Peluang Usaha dan Mitra Bisnis

PT Wahana Prestasi Logistik
Jasa Pengiriman Paket dan Dokument ke seluruh Indonesia dan harga sangat murah
'Murah Tetap Berkualitas'

Memberi Peluang bagi anda yang ingin menjadi agen/kios WAHANA kami.
Bisa di Rumah/Kios/Ruko/digabung dengan usaha saat ini .

Syarat-syarat Keagenan
- Pembayaran Admin Rp.3.000.000
- FC KTP/NPWP/Pas Foto 2X3 /Materai 6.000 2 pcs
- Penandatangan MOU
- Laptop/Komputer
- Printer Termal Type TM81
- Timbangan 30KG
- Jaringan Internet

KOMISI KAMI 25% (dari penjualan perhari)

Info Lebih Lanjut Hubungi,
Hendri
081318545108
PIN BB 21DFC9CC
Email Hendri@wahana.com
Web site : www.wahana.com