Thursday, March 19, 2009

Sewa Kios : Tahunan? Bulanan?

Ada teman tanya, kenapa sewa kiosnya ga dibayar tahunan aja? Kan bisa dapat discount jadi secara matematis jatuhnya lebih murah.

Betul, tapi ada alasan lain kenapa kita pilih bayar bulanan daripada bayar tahunan.

Dengan sewa 2 jt / bln, kalo dibayar sekaligus setahun total jadi 24 jt, dapat discount 2 jt, jadi cuma bayar 22 jt. Lumayan hemat 2 jt. Tapi utk barang dagangan saya masih harus punya duit extra lagi.

Kalo bayar bulanan gimana? 

Yg pasti cash out saya di bln pertama lebih sedikit, cuma 2 jt. Yg 20 jt sisanya bisa saya jadikan modal barang dagangan. Katakan setelah dipotong biaya ini itu, saya dapat nett profit 5% sebulan, berarti 1 jt. Jadi diakhir bulan saya punya 21 jt. 

Dari 21 jt, dipotong 2 jt utk bayar sewa bln kedua. Sisa 19 jt dijadikan barang lagi. Dapat nett profit 5% lagi. Demikian seterusnya bisa dilihat di tabel :


Ternyata di akhir tahun saya masih ada saldo 6 jt-an. Ini 3 kali lipat dari penghematan jika bayar sewa tahunan. 

Jadi dengan membayar bulanan, modal lebih sedikit, untung lebih banyak.




1 comment:

pran said...

Pak ,

Makasih yaa sharingnya.
itu net profit +/- 1 juta per bulan ya pak ?

Syukron pak