Wednesday, November 12, 2008

Peluang Usaha

Banyak orang yang bingung mau usaha apa.
Ingin usaha makanan, ga bisa masak.
Ingin dagang pakaian, ga bisa jahit.
Ingin jadi grosir, ga tau mesti kulakan dimana.

Tapi ada juga orang yang memulai dari hal yg sederhana, yg ada di depan mata.

Salah satu karyawan saya di ESL termasuk diantaranya,
melihat banyaknya orang yg datang ke kantor,
dia menawarkan pada saya utk jualan makanan kecil,
karena saya tidak merespon,
dia inisiatif utk mengambil peluang itu,
kemarin dia bawa 20 roti,
dipajang di meja, dan habis terjual...
hmm... kalo skala ekonominya sdh masuk,
saya tinggal ancang2 narik uang sewa meja,
lumayan other income... hehehe...

Karyawan saya yg lain di Ruzika,
saya baru tau ternyata dia juga terkenal sebagai penjual pulsa isi ulang di lingkungannya,
asal jangan sibuk jualan pulsa trus dagangan jilbab dilupain nih...
jadi ingat jaman masih amphibi...
sibuk dagang, urusan kantor dimasukin ke laci dulu, hehe...

Keponakan saya, Faisal, 13 tahun,
karena koperasi sekolah agak jauh,
dia selalu stok kertas jawaban ulangan di tasnya,
awalnya hanya utk kepentingan dia sendiri,
begitu ada ulangan dadakan dan banyak teman2nya tidak siap dg kertas ulangan,
dia jual kertas ulangan itu ke teman2nya,
kalo stoknya kertas cuma sedikit harganya dinaikan 2 kali lipat,
kecil2 udah ngerti teori supply vs demand...

Recehan ya? Tapi itu kan baru awal.... Tinggal bagaimana diasahnya aja.

No comments: