Sunday, January 27, 2008

Dari Milad II TDA

Ada beberapa insight yg saya dapat dari penuturan pak Perry di Milad TDA kemarin. Buat yg belum tau, pak Perry ini bossnya beberapa factory outlet di bandung, dan bisnis terbarunya adalah rumah sosis di jl. setiabudi yg omzetnya gila2an, saya juga baru tau kemarin sih... :)

Beberapa saya kutip disini :
  • Berpikir diluar kotak... baik dalam ide usaha, maupun cara menjalankannya.
  • Untuk memulai usaha, ukur kerugiannya, jika akibat rugi jadi melarat ya batalkan aja usahanya, tapi lanjutkan jika kerugian masih bisa ditanggung. Artinya risk management mesti bener nih.
  • Pola pikir yg sederhana... Soalnya kalau kita berpikir terlalu kompleks malah cenderung tidak melakukan action apapun, karena sdh takut dari awal.
  • Jangan takut untuk suntik mati unit usaha yg tidak memberikan profit. Stop loss aja daripada ga enak makan ga enak tidur berhari-hari dan terancam kena margin call.
  • Tempatkan orang yg tepat di tempat yg seharusnya.
  • Kasih tantangan utk karyawan. Pulang dari milad, saya langsung bilang ke karyawan di tiap toko, kalo omset bln depan jadi xx juta, bonus kamu saya tambahin xx rupiah diluar bonus normal. Ya.. dicoba aja, sapa tau berhasil... :)
Sebetulnya yg dibicarakan diatas, bukan hal2 baru juga, tapi entah kenapa kena banget sama saya, mungkin karena cara ngomongnya yg simple.

Oya buat panitia milad II TDA, salut banget sama kerjanya. Disela-sela kesibukan TDB dan TDAnya ternyata masih sempat memikirkan kerja utk kebaikan orang banyak.

Btw, ada beberapa teman yg bilang nama saya kemarin dipanggil karena menang salah satu lomba menulis. Bener ga ya? Wah sayang saya udah pulang duluan, yah mau bagaimana lagi, soalnya ada tanggung jawab utk cek toko di bogor, maklum masih agak pelit utk menggaji store manager, jadi semua-semua diurus sendiri dulu.

Tapi kalo menang beneran... waduh.. tengkyu banget buat pak Roni dan teman2 panitia yg sudah memilih karya saya. Baru kali ini saya menang lomba seperti ini. Tapi pesertanya berapa orang ya? ;)

No comments: