Seperti tahun2 sebelumnya, penjualan grosir mencapai puncaknya pada 1 bulan sebelum lebaran, sementara penjualan eceran puncaknya terjadi pada saat ramadhan.
Pada saat penjualan naik sih senang2 aja, apalagi tahun ini nilainya mengalami peningkatan significant. Tapi bagaimana setelah lebaran...?
Seperti juga tahun2 yg lalu, sales langsung drop.
Tapi kalau saya bandingkan dg th 2008, sales minggu pertama setelah lebaran 2009 ternyata sudah menyamai sales minggu ketiga lebaran 2008, dan minggu kedua dan ketiga ini terus meningkat.
Yang agak diluar dugaan, ada beberapa paket buka toko yg terjual dalam 3 minggu ini.
Jadi ternyata dari sisi demand, tahun 2009 masih lebih baik dari tahun 2008.
Problem yg muncul akibat demand yg lebih tinggi adalah supply yg agak keteteran. Apalagi beberapa produsen masih belum beroperasi secara penuh sehingga menyulitkan pengadaan barangnya.
Tapi mudah-mudahan dalam 1-2 minggu ke depan hal ini sdh dapat diatasi.
No comments:
Post a Comment