Tapi bagaimana kalo orang yg seharusnya membantu malah jadi merepotkan? Masuk kerja ga on time. Kerjanya keluyuran ga jelas. Ga teliti. Terlalu banyak problem pribadi. Cash bon melulu. Jualan ogah2an.
Yg salah pertama kali pasti saya. Kenapa saya pilih orang itu untuk bantuin saya. Perkara memilih orang ini memang gampang2 susah. Saya ga pakai aneka test yg rumit. Hanya mengandalkan perasaan saat wawancara. Beberapa kali saya dapat yg jeblok. Tapi pernah juga dapat yg bagus. Pengalaman akan mengajarkan banyak hal.
Dua bulan kemarin 2 karyawan saya resign dan 1 orang terpaksa saya minta berhenti. Yg satu resign setelah saya tegur, yg satu lagi resign karena di tegur Poppy, yg satu lagi karena kerjanya luar biasa kacau. Tadi siang satu lagi resign karena masalah internal rumah tangganya. Bulan depan ada satu lagi yg sdh rencana resign.
Untungnya saya punya database pelamar. Ini sangat membantu kalo kita butuh mendesak. Tinggal buka file, telpon lalu janjian wawancara. Tapi kadang ada kendalanya juga. Kadang no hp nya sdh tidak aktif. Kadang orangnya sdh bekerja di tempat lain. Kadang orangnya pindah ke luar kota. Tapi punya database tetap lebih menguntungkan.
No comments:
Post a Comment